Selasa, 23 April 2013

Benarkah Pluto itu Planet?

Ada perbedaan pendapat mengenai pengelompokan Pluto sebagai Planet. Pluto dikelompokan pada planet kesembilan segera setelah penemuannya dan pengelompokan ini sudah berjalan selama 75 tahun. Akan tetapi, pada tanggal 24 Agustus 2006, IAU (Internasional Astronomical Union) -Perserikatan Astronomi Internasional- memutuskan pengertian baru tentang planet dan dan tidak memas...ukan Pluto sebagai planet. Menurut pengertian IAU, sistem Tata Surya kita memiliki delapan planet, yaitu:
Merkurius
Venus
Bumi
Mars
Yupiter
Saturnus
Uranus dan
Neptunus.
Pluto dikelompokan sebagai planet kecil, dan planet kecil tidak sama dengan planet yang sesungguhnya.
Perbedaan pendapat mengenai status Pluto sebagai planet terjadi selama beberapa tahun. Ahli astronomi membuat hipotesis adanya kelompok besar dari benda beku yang berada dalam Sabuk Kuiper. Sabuk Kuiper terdapat pada pinggiran Tata Surya kita. Benda pada Sabuk Kuiper pertama ditemukan pada awal tahun 1990. Para ilmuwan mengakui bahwa Pluto yang ditemukan pada tahun 1930, sebenarnya hanyalah satu dari beberapa benda dalam Sabuk Kuiper. Dalam hal susunan dan orbitnya, Pluto berbeda dengan delapan planet yang lain, tetapi mempunyai kemiripan dengan benda-benda yang ada di Sabuk Kuiper. Sampai tahun 2003, Pluto masih merupakan benda terbesar dalam Sabuk Kuiper hingga ditemukan 2003 UB(313).
Timbullah pertanyaan tentang status Pluto sebagai planet seutuhnya.
Untuk saat ini dikenal tiga kelas untuk benda-benda diTata Surya, yaitu: Planet, Planet Kerdil, Dan benda-benda kecil lainnya. Planet Tata Surya sekarang terdiri dari delapan planet dan tidak memasukan Pluto. Pluto termasuk "PLANET KERDIL", sama dengan 2003 Ub (313), asteroid Ceres, Quoaoar, dan Sedna. Benda kecil lainnya adalah asteroid kecil, komet dan meteroid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar